HomeArtikelSimak ! Ini Tipe Audiens Dalam Public Speaking
tipe tipe audiens

Simak ! Ini Tipe Audiens Dalam Public Speaking

Artikel 0 3 likes 38 views share

Dalam sebuah public speaking yang profesional maka ada istilah anda harus mengenali audiens anda terlebih dahulu sebelum membuat naskah pidato atau materi. Nah tentunya berdasarkan umur, posisi, background pendidikan, dan lain sebagainya. Pada artikel kali ini akan kita bahas Tipe TIpe Audiens Dalam Public Speaking.

Tipe Tipe Audiens Dalam Public Speaking

1. Tipe Pembelajar

TIpe pembelajar adalah orang-orang yang datang ke presentasi anda dengan niat tulus positif, dengan niat untuk belajar, mengembangkan, atau melakukan perbaikan. Anda bisa dengan mudah menemukan orang-orang tipe pembelerja ini karena keaktifannya didalam kelas.

Ciri-ciri tipe pembelajar :

– Aktifkan mengajukan pertanyaaan yang sifatnya menambah wawasan diri sendiri atau peserta lainnya

– Aktif menyampaikan ide dan pendapat yang sifatnya mendukung tercapainya sasaran

– Mencatat poin penting presentasi anda

– Tatapan mata fokus pada pembicara

–  Mencari kesempatan untuk berbicara dengan pembicara saaat istirahat atau sesudah presentasi anda selesai

Tipe pembelajar melihat waktu yang ia gunakan untuk menghadiri acara anda sebagai investasi yang berharga sehingga mereka akan benar-benar memaksimalkan waktu untuk mendapatkan hal-hal yang bernilai.Tipe pembelajar sangat mendukung presentasi yang anda bawakan. Bukan hanya mengjukan pertanyaaan atau ide positif, tipe audiens ini juga akan memberikan energi positif bagi anda sebagai pembicara. Pada saat ia berbicara, anda bisa merasakan niat yang tulus dan positif.

2. Tipe Turis

Tipe turis adalah orang yang datang ke presentasi anda tetapi dalam benaknya ia menganggap materi anda bukanlah hal utama yang harus didapatkan. Mereka lebih tertarik untuk datang karena alasan-alasan yang sifatnya fun, menyenangkan, rekreasi, dan menghindari rutinitas.

Beberapa orang turis datang dengan sepenuh hati karena lokasi acara ditempat yang bisa dijadikan lokasi liburan seperti bandung, bali, atau mungkin lombok. Beberapa datang karena melihat ini peluang untuk bertemu orang-orang baru. Bahkan, beberapa yang lain datang karena sengaja ingin menghindari kesibukan kantor, lumayan sehari dua hari nggak perlu kakantor.hehe

tdx public speaking jogja

Mau daftar sebagai peserta Public Speaking Jogja ?

Silahkan kontak di :

WA : 0821 3432 3274

Email : tdx.publicspeaking@gmail.com

Ciri-ciri tipe turis :

– Mengikuti acara dengan baik

– Dari awal sudah bilang, nanti kita istirahat jam berapa ya, acara ini selasai jam berapa ya, hari ini menu break dan luch kita apa ya, tempat yang enak buat jalan-jalan dekat sini dimana ya, dan lain sebagainya

– Sering membuat kelas ramai dengan ide, gurauan, celotehan, atau komentar yang kadang nyeleneh mengundang tawa.

– Jika dalam kelompok, sering membuat kelompok jadi ramai dan kreatif

Audiens tipe turis bisa membantu anda karena mereka menyebarkan candaan, celotehan, guyonan, dan aksi mereka saering kali membuat audiens lain tertawa, senang, serta fresh, kembali. Artinya, ada energi positif yang muncul karena orang orang tiper turis. Memang sebagai presenter atau pembicara anda perlu mengendalikan mereka supaya tidak berlebihan dan tetap berada di jalur yang tepat. Kalau anda gagal mengendalikan, bisa-bisa situasi jadi terlalu santai, terlalu banyak fun, sehingga audiens malah tidak mendapatkan banyak hal dari presentasi anda..

Sekian artikel kali ini tentang Tipe-tipe audiens atau ciri-ciri audiens dalam public speaking.

Salam makjos !

Gadis Nimsy
(Penulis di Motivator Indonesia Network)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *